Sabtu, 20 Februari 2016

Rumus hadroh

OLEH GROUP HADROH AS-SHOFA KEDUNGLIANG

Belajar Ketukan Hadroh

                                                              RUMUS DASAR HADROH

 CARA MEMUKUL HADROH

perhatikan Gambar rebana/hadroh dibawah ini

rumus kunci hadroh rebana habib syech anakan nikahan tutorial align=

Gambar diatas adakah untuk pukulan hadroh berbunyi dung, dalam rumus ditulis "D". Jari dirapatkan, pukul dibagian agak tengah hadroh/rebana

rumus kunci pukulan hadroh rebana dasar habib syech al madad

Gambar diatas untuk pukulan berbunyi tak, dalam rumus ditulis "T". Jari-jari direnggangkan, pukul dibagian pinggir hadroh/rebana.
    
  
 
Dalam hadroh, ada 2 jenis Pukulan dasar, yaitu : .1) Pukulan 1 atau Disebut pukulan Anakan, dan 2.) Pukulan 2 atau disebut pukulan Nikahan.
Kedua jenis pukulan diatas dimainkan secara bersamaan sehingga membentuk harmoni bunyi yang khas. Maka dari itu dibutuhkan minimal dua orang penabuh hadroh agar dapat mengiringi lagu qosidah sholawat.
Untuk lebih memahami dalam belajar hadroh, ada istilah-istilah yang harus dipahami terlebih dahulu, diantaranya :

1. Awalan : pukulan sebelum lagu dimulai
2. tengahan/jeda : pukulan yang dimainkan pada saat lagu pada posisi jeda/akhir dari bait lagu (vokalismengambil nafas)
3. Naikan : Pukulan sesaat sebelum lagu menuju reff.
4. Naik : Pukulan saat lagu pada posisi reff
5. Akhiran/tutup : Pukulan saat lagu akan berakhir.
  
  
Kunci Pukulan Dasar

1) Rumus Kunci Hadroh Anakan :

Awalan  : D.T DDDT / TDTT DDDT / ( diketuk ber xx mengikuti lagu )
Naikan  : TDTT TTTT TDDD DDDD DDTT
Naik      : TTDT TDTT (diulang menurut lagu)
Jeda       : T. TTTT TTTT
Akhiran : TDDT TTDT TD

2. Rumus Dasar Hadroh Nikahan

Awalan  : DT DDD / TDT DDD / ( diketuk berkali mengikuti lagu )
Naikan  : TD TTTT TTTD DDDD DDDD
Naik      : TTT. D. TTTD (diketuk berulang saat reff)
Jeda      : T.T.T. TTTT
Tutup     : DD TTT. D. TTTD

Ket : Rumus di atas adalah rumus dasar (belum diterapkan pada lagu), apabila akan diterapkan pada lagu maka rumus tersebut diketuk dengan mengikuti panjang pendeknya lagu, dengan cara dikurangi atau ditambah. Ketentuannya, untuk rumus A (yang ditambah atau dikurangi) adalah pada ketukan TTT. D. TTT D dan untuk rumus B pada ketukan TTDT TDTT.

 CONTOH PENERAPAN PADA LAGU

Lagu Assalamu’alaik : Baris nomor 3 diketuk 2x, baris nomor 4 dikurangi 1
Lagu Yaa Nabi Salam ’Alaik : Baris nomor 4 ditambah 1.
Lagu Yaa Imamarrusli : Baris nomor 3 diketuk 2x, baris nomor 4 dikurangi 1.
Lagu Thola’al Badru : Baris nomor 3 dikurangi 1.


CONTOH VARIASI KETUKAN AWALAN LAGU
D / D DDD / T DDD...
D / TD TDD / T DDD...
D / D. D. D TT D / T DDD...
D / DD D / T DDD...
D / D D DD / T DDDT...
D / TD T. DD / T DDDT...
D / D. D. D TT TD / T DDDT...
D / DD D / T DDDT..
.
CONTOH KETUKAN BASS
D / D DD D
D / DD DD D
D / D DD D
D / D DD DD D D
D / D D D

Ket : Untuk ketukan awalan Bas, mengikuti ketukan awalan pada rumus A.
RUMUS DASAR HADLROH ( pelan )

ASSALAMU’ALAIK
A. 1. T. D. TT TD ( diketuk ber xx mengikuti lagu )
2. T. D. TT TDD TT TT T TT TD D DD DD D DD DD
T. TT D TT TT T TT TT D TT TD
B. 1. T. DT. TD ( diketuk ber xx mengikuti lagu )
2. T. DT. T. DDT T. TT T T. DD D D DD D DDT
TT D TT T TT TT TT D TT TD

MAULAYA
A. 1. D/ DD. T. TT. TD / ( diketuk ber xx mengikuti lagu )
2. DD. T. TT. TDD TT TT T TT TD D DD DD D DD DD
T. TT D TT TT T TT TT D TT TD
3. T. TT D TT TT T TT TT D TT TD T TT TT D TT TD
T TT TT D TT TDD TT TT D TT TD
B. 1. D/ DD. T. TD / ( diketuk ber xx mengikuti lagu )
2. DD. T. T. DD T T. TT T T. DD D D DD D DDT
TT D TT T TT TT TT D TT TD
3. T.T.T. DT T TT TT TT D TT TD TT TT D TT TD
TT TT D TT T DD TT TT D TT TD


EKSTRA BONUS VARIASI
1. A. D/ TD TDD / ( Huwannur, Ala Ya Rosulalloh )
B. D/ TD T. DD /
2. A. DD/ TT TT T. DD / ( Ya Madihan )
B. DD/ TT T TT TDD /
3. A. D/ TD T DDD / TT TT TD ( Ya Robbana’tarofna )
B. D/ TD T. DD DD / TT T TT TD
4. A. D/ T DT DT DD / ( Saaltulloh Barina )
B. D/ TD TD T. D DD /
5. A. DT / T DDX ( Ya Badrotim )
B. DT / T. DD DX
6. A. DTT. DTTD TT XX ( Lagu bebas )
B. D. TT. D. TT. TD. TT. XX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar